Rabu, 26 September 2012

Sejarah Klub AS ROMA







AS Roma adalah salah satu klub besar yang ada di Italia dengan bermarkas di Roma dan merupakan salah satu klub yang menjadi Legenda Besar di Liga Italia. Selain itu juga merupakan salah satu klub yang telah menyumbangkan pemain – pemain besar baik dalam tim Nasional Italia ataupun Negara – Negara lain di dunia.AS Roma didirikan sejak 1 Januari 1927 dengan memakai StadionOlimpico dengan kapasitas delapan puluh dua ribu penonton. Stadion ini juga menjadi sejarah karena pada tahun 1990 di pakai untuk babak semifinal Piala Dunia.
AS Roma mempunyai julukan atau panggilan Giallorossi yang berarti kuning – merah, selain itu juga biasa di panggil Magica atau ajaib, kadang – kadang juga disebut I Lupi atau Serigala.Sedangkan untuk para penggemarnya sering di sebut dengan para ROMANISTI. As Roma juga mempunyai lagu kebesaran yang juga sekaligus menjadi motto klub yaitu La Roma Non Si Discute, Si ama, yang berarti Roma tidak untuk dipertanyakan akan tetapi untuk dicintai,  yang di nyanyikan oleh penyanyi AntonelloVenditti.


Prestasi AS Roma tidak terlalu bagus dibandingkan dengan klub-klub besar yang ada di Italia. Pada Seri A Italia, Roma hanya mampu berhasil menjadi juara sebanyak tiga kali saja. Sementara pada ajangCoppa Italia, berhasil mendapatkan Sembilan gelar dan gelar terakhir didapatkan pada tahun 2009.Pada ajangPiala Super Italia, Roma juga berhasil menang pada tahun 2001 dan 2007. Di Seri B, Roma juga pernah menjadi juara di musin tahun 1951 – 1952. Sedangkan pada kompetisi Internasional, roma hanya satu kali berhasil mendapatkan juara, yaitu pada Piala UEFA di musim tahun 1960 – 1961.Akan tetapi pada ajang junior, Roma selalu tampil paling dominan. Di Even CampionatoNazionale Primavera, Roma berhasil mendapatkan enam gelar. Sedangkan pada even Coppa Italia Primavera, Roma berhasil memperoleh tiga gelar atau juara.
AS Roma merupakan sebuah klub yang saratakan sebuah kepercayaan. Ini bisa di buktikan dengan adanya nomor panggung 6 tidak di gunakan dalam klub ini, di karenakan merupakan bentuk penghormatan bagi salah satu pemainya yang telah membela klub ini sepanjang 13 musim. AS Roma juga mempunyai ikon pemain terkenalnya yaitu FracescoTotti yang telah banyak memegang rekor selama menjadi pemain di AS Roma sehingga kalau Totto sudah tidak lagi bermain dengan klub ini, mungkin prestasi yang akan di raih AS Roma menurun dan mengalami performa yang buruk. Totti juga di kenal sebagai pemain setia di klub AS Roma, dia juga telah banyak membawa klub ini meraih prestasi yang cukup baik  diLaga Seri A.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar